Minggu, 20 Oktober 2013

Perbandingan Mac OS vs Windows


Annyeong… Dikesempatan kali ini saya mau membahas sedikit tentang Operating System (OS). Namun, focus pembahasannya kali ini adalah tentang perbandingan antara Mac dengan Windows beserta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing OS. Langsung saja deh *lagi gak mood ngerangkai kata-kata mutiara*, berikut ini penjelasannya... Enjoy!


1. Microsoft Windows 

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. 

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 

OS buatan Microsoft Corp. ini memiliki user interface yang mudah dimengerti dan dukungan software yang luas. Banyak produsen hardware menyarankan memakai OS ini. OS ini mempunyai kelemahan yaitu VIRUS nya yang bermilyar-milyar jenisnya, serta harga license yang mahal banget. Merupakan OS dengan pemakai terbanyak di dunia saat ini. 
Kelebihan Windows 
  • Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan 
  • Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan 
  • Pengguna bisa sharing dari data aplikasi yang lain dengan mudah. 
  • Terdapat banyak aplikasi yang kompatibel dengan windows. 
  • End User atau orang yang awam tentang komputer dapat menjalankannya. 
  • Banyak didukung oleh vendor hardware dan software. 
  • Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia. 
Kekurangan Windows 
  • System file yang agak kacau, Contohnya: apabila menginstall suatu aplikasi, system file DLL akan diletakkan di C:\Windows\System\ sementara aplikasi itu sendiri terletak ditempat lain. Ini akan menyusahkan saat menguninstall aplikasi tersebut, dan sewaktu pengintegrasian DLL (Dynamic Link Libraries) 
  • Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft. 
  • Space hardisk yang dibutuhkan besar. 
  • Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers. 
  • Membutuhkan memori fisik besar. 
  • Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi. 
  • Harga licensi yang mahal. 
  • Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya.
Contoh produk: Windows XP Professional, Windows XP Home Edition, Windows XP Media Center Edition, Windows Vista, Windows XP Tablet PC Edition, Windows XP Professional, Windows XP Starter Edition. 


2. Mac OS

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. 

Macintosh Operating System atau sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. 

Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu: 
  • Mac OS Klasik 
Mac OS “Klasik” adalah sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. Sistem Operasi Macintosh ini pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox”. 

Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai baris perintah (command line); merupakan sistem yang menggunakan graphic user interface sepenuhnya. Mac OS juga merupakan OS yang memperkenalkan Sistem File Hierarki (Hierarchical File System) seperti pada UNIX dan Linux. 
  • Mac OS X 
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapat lebih banyak pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan sesuatu pengisian menghentikan pengisian lainnya. 

Kelebihan Mac OS: 
  • Memiliki “Time Machine”, aplikasi yang berfungsi mem-backup system dan perubahan data secara otomatis. 
  • Memiliki “Sherlock“ yaitu aplikasi yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan LAN, tapi juga dapat beraksi di Internet dan dapat melakukan pencarian berdasarkan keyword. 
  • Macintosh memiliki keamanan terhadap Virus, Malware, dan Spyware. 
  • Lebih stabil 
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia 
  • Sulit dibajak, karena bersifat Open Source. 
  • Mudah digunakan dan dipelajari. 
  • Multitasking 
  • Bisa mengenal file format Windows seperti: .doc, .docx, .html, .mp3, dll. 
  • Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas. 
Kekurangan Mac OS 
  • Harganya Mahal (sebanding dengan kualitasnya) 
  • Lebih cocok untuk graphic designer 
  • Mac OS bisa digunakan bersama-sama sistem operasi lain tapi membutuhkan program tambahan (parallels dekstop) 
  • Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS 
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap 
  • Kurang cocok untuk aplikasi gaming 


Demikian pembahasannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman sekalian dalam pemilihan penggunaan OS. See u next time! ^_^ 




Source: 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows 
  • http://ict.unm.ac.id/artikel-it/tutorial/97-linux/421-kelebihan-kelemahan-sistem-operasi-windows,-linux-dan-mac.html 
  • http://it-tutorial88.blogspot.com/2013/01/kelebihan-dan-kekurangan-mac-os.html

10 comments:

  1. Di artikel dikatakan Mac bisa mengenal file format Windows seperti: .doc, .docx..
    Kalo office milik si Mac sendiri apa yah?
    Kalau Linux kan, misalnya Open Office Linux..

    Berkunjung ke blog saya yah Qura.. :D

    BalasHapus
  2. untuk open office di Mac bisa menggunakan iWork, yaitu aplikasi Office dari Apple yang memang didesain khusus untuk Mac. Sangat User Friendly dan tampilannya manis. Bisa digunakan sebagai alternatif pengganti yang kompatibilitasnya sangat baik dengan Microsoft Office.

    BalasHapus
  3. Sebenarnya karna belum pernah make mac jadi masih kurang tau itu gimana.
    Klo pernyataan ini "Mac OS bisa digunakan bersama-sama sistem operasi lain tapi membutuhkan program tambahan (parallels dekstop)"
    program tambahannya itu contohnya apa dan gimana ya?

    BalasHapus
  4. program tambahan Parallels Desktop (dahulu Parallels Workstation) adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beragam OS secara berdampingan dengan Mac OS. Contoh: Sistem operasi MAC tidak dapat menjalankan aplikasi dengan extension .exe atau aplikasi yang dirancang khusus untuk sistem operasi Windows, seperti Internet Explorer, Autocad, dan beberapa game ternama. Namun, dengan menggunakan Parallels Desktop tsb semua program tadi dapat berjalan di Mac OS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berati sama kaya linux donkz butuh tambahan @.@

      Hapus
    2. Kurang lebih sih seperti itu... :D

      Hapus
  5. Kira-kira kalau di Indonesia lebih banyak make yang mana yah? Terus, apakah Mac os dan Windows itu sama-sama memiliki fitur yang bagus sehingga dalam pekerjaan sehari-hari bisa berjalan dengan baek, misalnya nih kalau aku install software java? selama ini sih saya masih make yg Windows, belum pernah make Mac Os sist..hehe

    BalasHapus
  6. Mohon maaf sebelumnya, saya juga sebenernya bukan pengguna MAC sis.. Jadi saya juga blm pernah nyoba jalanin aplikasi Java di Mac.. :D
    klo di indonesia sendiri kebanyakan masih menggunakan Windows. Bagi masyarakat yang baru mengenal Mac, mungkin untuk mengoperasikannya agak sedikit rumit, karena kebanyakan aplikasi yang dipakai hanya khusus untuk Mac saja. selain itu seperti yang kita tahu harga Mac juga tidak murah. Berbeda dengan Windows, masyarakat kita mungkin lebih familiar dengan OS ini dan lebih mudah untuk menggunakannya.

    BalasHapus
  7. mau tanya neh padahal mac os bersifat Open Source tapi kok bayar ya @.@
    gk kaya linux ama Ubuntu T.T

    trs mau tanya klo mac apa juga klo menginstall sesuatu juga di pisah tempatnya kaya windows?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi mac memang tidak murni Open Source, ada beberapa aplikasi yang memang harus didapat dengan cara berbayar. Menurut saya sih hal itu sah-sah aja, namanya juga bisnis :D tp toh gak sedikit juga si Mac ini menawarkan aplikasi gratisnya..

      Umumnya untuk menjalankan aplikasi cukup dilakukan dengan klik pada aplikasi yang ingin dijalankan. Lokasi aplikasi selalu disimpan pada Finder: Application (cmd+shift+a). Instalasi Aplikasi dapat dilakukan dengan drag & drop ke folder Application. Tidak ada setup, dan tidak ada install. Native application pada umumnya cukup didrag & drop. Namun, terdapat jg pengecualian pada beberapa aplikasi yang memiliki Installer.

      Hapus